Cara Membersihkan Zat Kapur di Ceret

 on Jumat, 16 Oktober 2015  

Apa Itu Kerak Kapur?

Calcium carbonate (kerak kapur) adalah timbunan keras berwarna putih susu atau kadang kekuningan. Timbunan ini banyak ditemukan di alat-alat rumah tangga dan di tempat-tempat yang sulit dibersihkan seperti tangki air panas, pipa tua, bak air kamar mandi, dan cerek.
Kerak kapur mudah terbentuk di tempat penampung air panas yang telah menguap. Timbunan kerak kapur ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan menggosoknya sehingga menghilangkan kapur di dalam cerek menjadi sangat sulit. Semakin keras digosok, lapisan logam permukaan bagian dalam panci / cerek semakin beresiko terkelupas. Anda membutuhkan campuran bahan asam yang tepat untuk membersihkan timbunan kapur ini.

Timbunan zat kapur dalam cerek menghambat aliran panas sehingga memboroskan bahan bakar. Berikut tips menghilangkan kerak kapur di ceret dalam artikel ini.

Cara Membersihkan Zat Kapur di Ceret


Hal-hal Penting
1.    Usap bagian luar cerek secara rutin menggunakan semprotan pembersih dapur.
2.    Bersihkan bagian dalam cerek sekali dalam dua bulan guna mencegah timbunan kerak kapur yang bisa menghambat fungsinya
3.    Di daerah berkapur, cerek perlu dibersihkan lebih sering

Cara Membersihkan Kerak Air di Cerek
Proses menghancurkan kerak air tanpa merusak cerek mudah dilakukan karena cerek bisa menampung cairan. Setiap dua bulan sekali, bersihkan bagian dalam cerek dengan mengikuti aturan pakai produk pembersih kerak air pada cerek yang banyak tersedia di toko-toko. Ikuti petunjuk perawatan cerek yang bisa Anda temukan di buku manualnya, baik untuk cerek biasa maupun pemanas air elektronik. Berikut ini tahap-tahap membersihkan cerek secara umum:
1.    Encerkan produk pembersih kerak pada cerek dengan air, lalu tuangkan ke dalam cerek.
2.    Panaskan cerek hingga cairan di dalamnya mendidih selama beberapa saat.
3.    Diamkan cairan tersebut merendam bagian dalam cerek.
4.    Bilas dengan air biasa.

Sebagai alternatif, manfaatkan bahan-bahan dapur dengan mengikuti panduan berikut ini:
1.    Tuangkan air dan cuka dengan takaran sebanding ke dalam cerek dan biarkan merendam bagian dalam cerek selama satu jam.
2.    Panaskan cerek hingga cairan di dalamnya mendidih.
3.    Kosongkan cerek, lalu bilas dengan air biasa.
4.    Anda bisa mengganti cuka dengan perasan jeruk lemon. Tidak hanya menghilangkan kapur dari dalam cerek, bahan ini juga meninggalkan bau segar.
Akhiri metode di atas dengan menyeka bagian luar cerek memakai semprotan pembersih dapur dan kain lap lembut yang tidak menggores.


Cara Membersihkan Zat Kapur di Ceret 4.5 5 Cah Samin Jumat, 16 Oktober 2015 Apa Itu Kerak Kapur? Calcium carbonate (kerak kapur) adalah timbunan keras berwarna putih susu atau kadang kekuningan. Timbunan ini ba...


Tidak ada komentar: