Cara Membersihkan Panci Gosong

 on Jumat, 16 Oktober 2015  

Kalau Anda hobi memasak, Anda pasti akrab dengan kerak gosong yang melekat di panci. Simak trik membuang sisa-sisa masakan gosong di panci dan penggorengan.

Selalu ada harga yang harus Anda bayar untuk menghasilkan sebuah hidangan lezat. Salah satunya adalah sisa-sisa masakan gosong di panci dan penggorengan. Lebih dari sekadar tumpukan piring kotor, panci dan penggorengan kotor memerlukan waktu membersihkan lebih lama. Tips di bawah ini menunjukkan tiga strategi cara membersihkan panci gosong agar kembali berkilau seperti baru!

Cara Membersihkan Panci Gosong

Strategi 1: Membersihkan Panci dan Penggorengan dengan Cairan Pencuci Piring

Siapkan perlengkapan berikut ini untuk menangani kerak gosong pada panci dan penggorengan.
  • Spons & kain lap
  • Sabun cuci piring yang ampuh
  • Produk penghilang noda lemak
  • Sarung tangan karet untuk melindungi tangan Anda
Dalam pertempuran melawan sisa masakan gosong, kunci kemenangannya adalah kesabaran. Kalau Anda cukup lama merendam panci atau penggorengannya, sisa makanan akan terangkat sehingga menjadi lebih mudah digosok dan kemudian dicuci. Pada umumnya, semakin banyak sisa makanan yang terangkat dengan sendirinya, semakin sedikit pula tenaga yang harus dikeluarkan untuk menggosok.

  1. Isi panci atau penggorengan dengan cairan pencuci piring dan air panas hingga merendam semua bagian yang gosong, lalu tunggu 5-10 menit.
  2. Kalau sisa makanannya masih sulit diangkat, buang air yang mulai menjadi dingin dan ganti dengan air panas yang baru. Tambahkan cairan pencuci piring lagi, lalu diamkan lebih lama.
  3. Gosok kerak gosong secara ringan, lalu isi kembali panci atau penggorengannya, dan ulangi seperlunya sampai semua kerak hitam terangkat angkat. Gunakan penggosok yang tidak tajam dan berhati-hatilah pada saat menggosok agar tidak menggores kulit tangan Anda dan lapisan panci.
Strategi 2: Produk Pembersih Noda Lemak untuk Membersihkan Kerak Gosong

Bagaimana jika setelah satu jam merendam, Anda masih kesulitan mengangkat sisa masakan gosong? Gantilah sabun cuci piring yang Anda pakai sebelumnya dengan produk khusus pembersih lemak untuk oven.
Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan pada label botolnya. Sebagian besar produk pembersih noda lemak bisa dipakai dengan metode seperti ini:
  • Oleskan langsung pada noda.
  • Diamkan selama 5 menit agar produknya bekerja secara efektif menghancurkan residu yang menumpuk.
  • Gosok dengan alat tumpul.
  • Bilas dengan air hangat.
Alternatif produk pembersih noda lemak siap pakai adalah perasan jeruk lemon, cuka, dan bubuk soda kue yang juga ampuh mengangkat sisa-sisa masakan gosong. Tes terlebih dulu bahan-bahan ini di bagian kecil yang tersembunyi.

Strategi 3: Membersihkan Panci dan Penggorengan Gosong dengan Membekukannya

Apa strategi lain kalau merendam dan menggosok tidak cukup efektif membuang sisa masakan gosong? Membekukan kerak bisa menjadi jurus terakhir. Masukkan panci atau penggorengan yang berkerak ke dalam lemari pembeku di kulkas Anda! Diamkan selama beberapa jam, keluarkan, lalu kelupas kerak.

Cara Membersihkan Panci Gosong 4.5 5 Cah Samin Jumat, 16 Oktober 2015 Kalau Anda hobi memasak, Anda pasti akrab dengan kerak gosong yang melekat di panci. Simak trik membuang sisa-sisa masakan gosong di panc...


Tidak ada komentar: